Minggu, 19 Oktober 2014

SEMANGAT KEBERSAMAAN



Masih segar dalam ingatan pemerintah melakukan kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRN) yang diselenggarakan bersamaan dengan Jambore UPK di Kabupaten Batang Hari. Selaras dengan peringatan tersebut upaya menyukseskan program pemberdayaan melalui akses informasi dan memotivasi masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya lokal harus dilandasi dengan semangat kebersamaan. Selain itu gagasan untuk menggelorakan semangat kebersamaan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan lebih didasari pada peningkatan kepedulian dan peran aktif masyarakat sehingga masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan dan memanfaatkan hasil-hasil pembangunan yang dilaksanakan dari PNPM.
            Dalam kesempatan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Integrasi di Desa Bukit Tigo, Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Masyarakat Desa sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan Pembangunan Jembatan Beton, ini terbukti dengan kegiatan gotong royong yang dikordinir lansung oleh TPK dan Sekretaris Desa. Kaum laki-laki tua dan muda berbaur melaksanakan gotong royong melaksanakan pekerjaan pengecoran dan penimbunanan di lokasi pembangunan jembatan beton. Turut hadir pula, Kepala Desa, BPD, Kadus, RT dan Pemuda serta ibu-ibu disekitar lokasi pembangunan jembatan beton. Aktifitas yang dijalankan adalah gotong royong  meratakan timbunan dan memadatkan serta ikut secara beramai-ramai mengecor jembatan, sebagian ibu-ibu membantu membantu menyediakan makanan dan minuman. Ini adalah bertujuan untuk mempererat hubungan silahturahim antar masyarakat, terutama antara pemimpin dengan masyarakat yang dipimpin disamping selain juga merupakan bukti dari swadaya masyarakat dalam melam melaksanakan kegiatan PNPM-MP Integrasi.
“ini merupakan kegiatan yang menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, pemerintah mengeluarkan program. Masyarakat menyambut dengan kegiatan gotong royong dengan penuh kebersamaan dalam pengerjaanya” tutur masyarakat disela-sela pelaksanaan kegiatan gotong royong

0 komentar:

Posting Komentar